{Profilku} {Pendidikan} {Seni&Sastra} {Serba-Serbi}

Selasa, 09 Februari 2010

MENGASAH IMAJINASI DAN KREATIVITAS MENULIS

Amkayus
(Tim Prima-P SMPN 4 Tanasitolo, Kab. Wajo)

Catatan Kecil dari Workshop Jurnalsitik Dasar SMPN 4 Tanasitolo

Siang itu (24/12), dibawah terik matahari, sejumlah siswa berjalan menelusuri lingkungan sekitar sekolah. Mereka terbagi dalam tiga kelompok dengan masing-masing membawa kamera, bolpoint, dan notebook dengan tujuan tryout meliput berita. Menjelang pukul 17.00, mereka kembali ke sekolah untuk beristirahat. Tepat pukul 18.30, memasuki ruang perpustakaan dengan agenda selanjutnya adalah proses editing, dilanjutkan dengan proses penerbitan. Dengan antuitas, mereka mengoprasikan laptop, lembaran kertas yang berisi catatan buram, surat kabar, bolpoint, dan kamera digital serta kabel USB berserakan di sekitarnya. Akibatnya, ruang perpustakaan yang sebelumnya tampak bersih dan rapi, serta-merta menjadi berantakan. Proses editing dan penerbitan ini berlangsung hingga pukul 24.00.
Ilustrasi di atas merupakan implementasi program kerja TIM Prima-P SMP Negeri 4 Tanasitolo Siklus III dengan mengemas kegiatan “Workshop Jurnalistik Dasar”. Kegiatan yang melibatkan 15 siswa dan 3 pemateri tersebut, berlangsung selama 3 hari (22 s.d. 24 Desember 2009) pascaujian semester ganjil. Kelima belas calon jurnalisis muda tersebut dibekali dengan materi (1) Dasar-Dasar Keterampilan Menulis yang dibawakan oleh Amkayus (Ketua TIM Sekolah Prima-P SMPN 4 Tanasitolo), Teknik dan Prosedur Peliputan oleh H. Alimuddin, S.Sos., S.H. (Redaktur Pelaksana Media Sinergi) dan (3) Penerbitan oleh Abdullah Arfat (Mahasiswa Unismuh Makassar).
Drs. Aco Karumpa, M.Pd. (Kepsek SMPN 4 Tanasitolo) ketika memonitoring kegiatan tersebut, mengimbau agar kegiatan ini tidak sekadar menerima materi untuk mengisi kognitif siswa, tetapi lebih dari itu, diharapkan ada output dan outcome. “Kita harapakan setelah selesainya kegiatan ini, ditindaklanjuti dengan penerbitan buleting bulanan yang dikelolah oleh siswa itu sendiri”, tegasnya.
Etos kerja dari para calon jurnalis tersebut membuahkan hasil dengan menerbitkan tiga buletin, dengan nama Birama, Britena, dan Gapura. Ketiga Buletin tersebut akan diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2010 yang dirangkaikan dengan pembukaan Porseni antar SD (program kerja TIM Prima-P SMPN 4 Tanasitolo). “Moment tersebut sangat tepat, karena acara pembukaan tersebut akan dihadiri oleh TIM JICA dari Jepan, dan sejumlah pejabat teras dari Dinas pendidikan Kab. Wajo, dan pada saat itu dewan redaksi (siswa) dari masing-masing “Buletin” akan menyerahkan langsung hasil kerjanya” Komentar Kepala SMPN 4 Tanasitolo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar