{Profilku} {Pendidikan} {Seni&Sastra} {Serba-Serbi}

Kamis, 24 Desember 2009

Tentang Saya.....?

Amkayus, lahir di Sengkang pada tanggal 14 Agustus 1973. Putra sulung dari enam bersaudara buah pernikahan Karodda A. Ayus dan Futtiri. Masa pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri 7 Sengkang (tamat 1985) dan SMP Negeri 1 Sengkang (tamat tahun 1988) kemudian melanjutkan pendidikan menengah di SMA Andika Sengkang (sebuah sekolah swasta yang dibuka pada masa alifungsi SPG Negeri Sengkang menjadi SMA Negeri 3 Sengkang, tamat tahun 1991). Dua tahun berturut-turut (1991 s.d 1992) gagal menempuh UMPTN. Keinginan untuk duduk di bangku kuliah akhirnya terwujud pada tahun 1993 di IKIP Ujungpandang (sekarang UNM) jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (yudisium tahun 1998). Pada tahun 2007 melanjutkan pendidikan program pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Makassar.
Selama menempuh pendidikan (Program S1) di IKIP Ujungpandang, pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia (1994-1996). Bersama mahasiswa pemerhati sastra, merintis pendirian Bengkel Sastra IKIP Ujung Pandang dan dimanahi sebagai Ketua Devisi Puisi (1995-1996). Bergabung dalam Forum Pemerhati Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (FP2BSI) Sulawesi Selatan (1996-1998). Tahun 1996 bergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Wajo (HIPEMAWA) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI – MPO)
Melalui bimbingan kreativitas Asia Ramli Prapanca, pernah tampil di panggung teater dengan pementasan Lawan atau Tidak, Manusia-Manusia Dalam Karung, Abu, Cinta Terhalang Tradisi, Di sinilah Toraja, Nyonya Aoi, Datu Museng. Mengikuti Workshop Penulisan Puisi bersama Teater Kampus di Pulau Lae-Lae. Bersama Penyair Danau Semesta (Chaeruddin Hakim) menggagas Temu Penyair Sulawesi Selatan dalam acara Kemah Sastra.
Perjalanan karier sebagai tenaga edukatif diawali sebagai guru bantu (honorer) melalui Proyek Peningkatan Mutu Sekolah Swasta Depdiknas Provinsi Sulawesi Selatan dan ditempatkan di SMP Islam Istiqlal Kab. Gowa (1998 s.d. 1999). Pada tahun 2000 diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di SMP Negeri 3 Majauleng, Kabupaten Wajo kemudian dimutasi (2008) ke SMP Negeri 4 Tanasitolo, Kabupaten Wajo. Selain tugas utama sebagai tenaga kependidikan juga mengabdi di Korps Suka Rela (KSR ) Palang Merah Indonesia Cabang Wajo. Pembina Gerbang Sastra UKM STKIP Puangrimaggalatung Sengkang (2006-2007)

1 komentar:

  1. pakD ayyus,
    maturnuwun ilmunya.
    lebih lanjut mengenai minimnya materi ajar sastra di perpustakaan sekolah, tolong diulas lebih rinci mengenai::::
    materi ajar CERITA PENDEK ANAK (sastra anak) di perpustakaan SD_ untuk pembelajaran kelas 5.

    BalasHapus